Minggu, 13 Januari 2013

Mobil Mini Ini Jago Offroad


Mobil Mini Ini Jago Offroad



Mobil Radio Control (RC) kini tentunya sudah bukan hobi yang asing lagi dikalangan masyarakat. Beberapa waktu belakangan hobi ini semakin berkembang, terutama di Pekanbaru.  Dalam beberapa kesempatan kerap terlihat para penggemar dan juga komunitas RC ini unjuk kebolehan dalam mengendalikan mobil RC mereka. 

Ada banyak jenis mobil RC yang bisa ditemukan di pasaran. Biasnaya dalam beberapa kategori. Ada yang  offroad dan on road. Masing-masing juga dibedakan lagi dalam beberapa bagian. Misalnya saja untuk RC on road dibagi atas engine dan electrik yang terdiri juga dari beberapa karakter.  Ada touring dan juga drifting.  Salah satu katerogi yang kini mulai berkembang adalah RC offroad.

Seperti yang setahun belakangan ditekuni oleh Tengku Said Aris Fadillah. Baginya ada satu keunikan dan dapat memacu adrenaline saat memainkan radio control berjenis 4x4 offroad. Jenis mobil pun beragam  disesuaikan
dengan medannya.

Ia menjelaskan ketertarikannya dengan mobil RC offroad ini karena untuk memainkannya tidak harus di trek khusus. Bisa dimainkan dimana saja. Mulai dari medan yang berbatu, lumpur dan bahkan bisa memanfaatkan pekarangan sekitar untuk memainkan mobil ini.

 “Seru saja main RC Offroad. Apalagi kalau bisa melalui rintangan-rintangannya. Main RC Offroad ini hampir samalah dengan main mobil offroad sebenarnya,”ungkap Ayub begitu ia akrab disapa.

Ayub menjelaskan mobil RC Adventure offroad memiliki karakteristik yang sangat mirip dengan mobil offroad aslinya. Tampilan dan spareparts didesain sedemikian rupa hingga menyerupai aslinya. Mulai dari body-kit yang sangat menyerupai bentuk mobil Jeep. Hingga gearbox dan gardan yang terbuat dari baja atau besi yang menambah kemiripan mobil RC dengan mobil aslinya.

“Bentuknya memang menyerupai mobil off - road sebenarnya, karena dibuat dengan presisi yang mendekati keadaan sesungguhnya. Sparepart dan aksesorisnya juga sama seperti mobil offroad asli,”tuturnya.

Beberapa aksesoris yang digunakan seperti lampu sorot, winch untuk menarik mobil, aksesoris snorkel, over  fender, roof rack, bumper dan bahkan menggunakan ban offroad. Aksesoris-aksesoris ini juga lazim ditemui pada mobil-mobil offroad asli. Yang membuat makin unik, Ayub juga menambahkan boneka sebagai pengemudi dalam mobil RC offroad miliknya.

Ia juga menambahkan meski belum ada komunitas RC khusus offroad ataupun event RC Offroad di Pekanbaru tidak menyurutkan niatnya untuk tetap menekuni hobi ini. Biasanya ia dan belasan teman-temannya sering main di berbagai lokasi. Seperti di Alam Mayang atau belakang Purna MTQ.

“Kalau belum ada trek khusus untuk offroad, rencana mau buat trek di belakang MTQ di tempat Pak Agus yang juga penghobi RC Adventure. Lokasinya ada di samping track Buggy,”tambah Ayub.

Bagi para penggemar mobil RC harga tidak membatasi mereka dalam menggeluti hobi. Alasan mereka, kesenangan tidak bisa dipatok dengan harga. Untuk mobil RC Adventure ini sendiri harganya mulai dari Rp 4 jutaan hingga Rp 20 jutaan.

sumber : tribunpekanbaru.com

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons