Selasa, 15 Januari 2013

Trip Merawat Mobil Off-Road

Jakarta - Pasti Anda berpikir merawat mobil off-road itu susah karena banyak bagian atau komponen yang harus mendapatkan perawatan khusus. Tapi faktanya tidak seperti itu, merawat mobil off-road itu ternyata jauh lebih mudah.

Andy Harsono, pebalap off-road yang pernah menjadi juara 1 di West Java 2011 membawa team B4C (Bintaro 4x4 comunity), membeberkan cara mudah merawat mobil off-road.

Menurut pria kelahiran Jakarta, 9 November 1971 ini, merawat mobil off-road itu hampir sama dengan mobil biasa.

Cuma, setelah balapan (off-road) harus dicuci dengan bersih. Usahakan jangan sampai ada sisa-sisa tanah yang menempel disela-sela mobil.

"Biasanya kotoran tanah yang menjadi musuh para pecinta off-road. Kalau mau awet cuci setelah balapan dan pastikan tanah yang menempel tidak tersisa sedikit pun," terang pria akrab disapa Andy saat berbincang dengan detikOto.

Saat mencuci hal yang harus dilakukan yakni menyemprot mulai dari ban sampai ke kolong-kolong serta bagian bodi. Jangan sampai lumpur atau kotoran tanah dibiarkan mengendap di mesin maupun di bodi. Karena, jika dibiarkan satu hari saja akan sulit dibersihkan.

"Nantinya kalau tanah nempel di bodi dan mengering bisa-bisa saat dicuci bisa membuat cat mengelupas. Apalagi kalau dibiarkan menempel di mesin, itu bisa membuat mobil tidak tahan lama," paparnya.

Andy menambahkan, untuk komponen atau spare part tidak perlu diganti setiap habis balapan atau melakukan off-road. Meski ada beberapa komponen yang harus diganti tapi tidak selalu habis balap diganti.

"Tergantung balapannya seperti apa. Ada juga memang komponen yang setiap balap harus diganti tapi kebanyakan tidak," cetusnya.

Lebih lanjut, untuk servis juga tidak perlu dilakukan rutin 1 bulan sekali. Berbeda dengan mobil biasa yang sering digunakan dalam sehari-hari.

"Untuk mobil off-road tidak selalu rutin 1 bulan sekali. Biasanya tergantung event saja. Jika sudah mengikuti event baru diservis, kalau enggak biasanya jogrog saja di garasi," tandas pria yang kini fokus di kelas Speed off-road sambil tersenyum.












sumber : detik.com

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons