Kamis, 17 Januari 2013

Waduk Darma Jadi Sirkuit Offroad


Waduk_Darma_Jadi_Sirkuit_Offroad.jpg


KUNINGAN– Waduk Darma, Kabupaten Kuningan, yang menyusut sengaja dimanfaatkan para offroader. Waduk seluas 425 hektare ini disulap menjadi sirkuit offroad.

Waduk Darma surut akibat musim kemarau yang berkepanjangan. Tak ingin kehilangan potensi Waduk Darma, sejumlah offroader wilayah III Cirebon, Ciamis, Bandung hingga Tegal menggelar Sumpah Pemuda Offroad 2012 di Desa Jagara,Kecamatan Darma. Ketua Komunitas Jeep Kuningan (Kojek) Manaf Suharnaf selaku penyelenggara acara mengatakan, Selain memperingati Hari Sumpah Pemuda juga mempromosikan objek wisata Waduk Darma sebagai potensi unggulan di Kabupaten Kuningan.

”Kendati kondisi airnya surut,ternyata Waduk Darma masih mempunyai potensi yang bisa menarik wisatawan. Salah satunya dijadikan sirkuit offroad,”ujar Manaf,kemarin. Kegiatan offroad yang baru pertama kali ini digelar selama dua hari yaitu kemarin dan hari ini. Hari pertama para peserta diajak melakukan country road melintasi empat desa di sekitar Waduk Darma dan puncaknya digelar trial stagedi tiga sirkuit berbeda.

”Medan yang berlumpur dan bergelombang menjadi tantangan yang harus ditaklukkan para offroader.Sirkuit di Waduk Darma ini pasti berbeda dengan sirkuit yang biasa dan bakal menjadi tontonan menarik,”katanya. Para peserta Sumpah Pemuda Offroad 2012 ini berasal dari berbagai daerah di wilayah III Cirebon, bahkan hingga Garut, Subang,Bandung,Tegal,dan Purwokerto.

Melihat antusias para peserta, dia berencana menjadikan agenda tersebut sebagai kegiatan tahunan dengan harapan jumlah peserta lebih banyak dan bisa mewakili setiap daerah di Indonesia. Kepala Desa Jagara Umar Hidayat mendukung penuh kegiatan offroad tersebut. Dia berharap event tersebut bisa digelar rutin setiap tahun.

Para pemuda desa yang tergabung dalam karang taruna siap dilibatkan dalam penyelenggaraannya. ”Tak hanya itu, tampilnya offroader juga menjadi daya tarik para wisatawan untuk datang ke Kuningan. Kegiatan ini bisa menjadi wahana wisata baru Waduk Darma untuk mendukung terwujudnya Desa Jagara sebagai Desa Wisata pada tahun 2015,”ujar Umar. Sambutan positif diungkapkan Manajer Waduk Darma Andang Koswara.

Dia menilai kegiatan komunitas pecinta mobil jeep semakin menyemarakkan wisata di Waduk Darma.Aktivitas ini tidak hanya menarik bagi para offroader,namun juga masyarakat awam yang menyukai dunia automotif. ”Kegiatan offroad pasti bakal menarik perhatian masyarakat luas untuk berbondong-bondong datang ingin menonton.

” Hal ini pasti berdampak pada jumlah pengunjung objek wisata Waduk Darma sesuai harapan kami,”ujar Andang. Offroad di Waduk Darma adalah yang pertama kali diadakan. Tidak menutup kemungkinan untuk digelar event serupa dengan melibatkan komunitas automotif lainnya. ”Kegiatan ini sangat menarik, karena digelar ketika Waduk Darma surut dan saya yakin tidak akan memengaruhi keberadaan waduk.

Justru malah menjadi daya tarik tersendiri karena masyarakat bisa menjangkau tengah Waduk Darma tanpa naik perahu. Jika sekarang baru dipakai offroad,mungkin ke depan bisa untuk kegiatan motor trail atau lainnya selama tidak merusak dan mengganggu keindahan waduk,”bebernya. mohamad taufik         

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons